Wednesday 15 January 2014

INI TIPS KARYAWAN KONTRAK MEMILIKI RUMAH (KPR)


http://www.cekhargarumah.blogspot.com/


Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terkait dengan Tempat Tinggal / Rumah bisa kita sadari banyak Masyarakat yang memiliki masalah terkait dengan persyaratan yang diminta oleh pihak Bank untuk pengajuan KPR yang salah satunya adalah status kepegawaian kita dalam suatu perusahaan, oleh karena itu saya akan memberikan Tips terkait dengan hal tersebut :

 

Nah, untuk pekerja tidak tetap/kontrak atau pun freelancer biasanya pihak bank hanya akan memberikan kredit dengan plafon yang sesuai dengan persentase cicilan tertentu dari pendapatan tetapnya, sehingga plafon yang didapat relatif tidak terlalu besar. Hal ini karena walaupun ada pendapatan tidak tetap yang cukup besar, tetapi tidak bisa dipastikan akan selalu ada di kemudian hari.

 

Cicilan untuk KPR biasanya memakan lama, bahkan beberapa bank bersedia memberikan kredit

dengan jangka waktu lebih dari 15 tahun. Karenanya pihak bank juga perlu memastikan bahwa sang kreditur memiliki pekerjaan yang bisa menghasilkan uang untuk membayar cicilannya hingga jatuh tempo. Apa yang bisa dilakukan pekerja kontrak dan freelancer untuk mengatasi masalah ini?

 

Pastikan pengeluaran Anda Walaupun pendapatan tidak tetap, pastikan pengeluaran Anda selalu tetap. Hitunglah jumlah pengeluaran rutin yang diperlukan setiap bulan, dan buat budgetnya. Perlakukan pendapatan tidak tetap sebagai bonus Usahakan untuk membayar

pengeluaran rutin hanya dari penghasilan rutin. Perlakukan pendapatan tidak tetap sebagai bonus, dan gunakan uangnya untuk tambahan tabungan/investasi dan membiayai pengeluaran tidak tetap.

 

Menabung lebih banyak, Anda perlu menabung lebih banyak dengan penghasilan tetap, untuk mengatasi plafon KPR yang lebih rendah. Jumlah tabungan dan investasi yang lebih besar diperlukan agar dapat membayar DP atau uang muka property dalam jumlah yang lebih banyak.

 

Cari alternatif pembayaran selain KPR Banyak perusahaan properti saat ini memberikan beberapa alternatif pembayaran. Jika belum mampu untuk membayar secara tunai, dan plafon KPR tidak memadai, pertimbangkan alternatif lain. Misalnya pembayaran langsung secara berkala ke developer dalam jangka waktu tertentu dengan bunga 0%.

 

Turunkan target Anda jika memang pilihan yang ada belum terjangkau, coba turunkan target Anda untuk memilih properti yang lebih kecil atau pun menunda pembelian hingga dana dibutuhkan tercapai.

 

Jangan gunakan kredit berbunga besar (misalnya KTA/Kredit Tanpa Agunan) untuk menambah dana atau pun untuk membayar kekurangan uang muka.

2 comments:

  1. Thanks Gan infonya. Sangat bermanfaat bagi karyawan kontrak yang sebenarnya ada juga yang mempunyai kemampuan bayar lebih baik dibandingkan karyawan tetap. Kunjungi juga pengajuan KPR untuk Wiraswata

    ReplyDelete