Thursday 27 March 2014

3 DAERAH YANG MEMILIKI PROSPEK PROPERTI YANG CERAH



Harga rumah di kawasan Jabodetabek memang sudah tinggi saat ini. Namun kalangan broker properti punya pandangan ada wilayah-wilayah di luar Jabodetabek, bahkan di luar Jawa yang punya prospek investasi properti cerah. Mana saja?

Direktur LJ Hooker Indonesia Oka M Kauripan mengatakan, daerah yang prospek propertinya cerah adalah Makassar, Manado, dan Lampung.

"Daerah potensial masih di Makasar, Manado, Lampung. Strateginya agak beda agen di daerah beda, dengan yang ada di Jabodetabek," kata Oka dalam jumpa pers di Annex Building, Jalan Thamrin, Jakarta.

Oka mengatakan, selama ini penjualan properti LJ Hooker didominasi oleh properti second. Nilai transaksi properti LJ Hooker tahun lalu Rp 3,6 triliun, sebanyak 65% adalah properti second.

"Tahun 2013 lalu LJ Hooker Indonesia berhasil mentransaksikan lebih dari 2.600 unit properti, dengan nilai sekitar Rp 3,6 triliun, yang sebagian besar berasal dari secondary market 65%, sementara sisanya yakni 35% berasal dari primary market," ungkap Oka.

Dia menambahkan, penyumbang terbesar dalam nilai transaksi properti LJ Hooker didominasi dari Jabodetabek, yaitu Bekasi dan Tangerang.

"Beragam jenis properti yang ditransaksikan seperti rumah, apartemen, ruko dan lain-lain. Kawasan yang paling banyak transaksi adalah Tangerang dan Bekasi. Area yang sedang tumbuh pesat adalah Alam Sutera di Serpong,"tambahnya.



Penjualan properti second LJ Hooker diperkirakan akan naik 7% tahun ini. "Pada tahun 2014 ini penjualan pada secondary market akan diprediksi masih akan mengalami pertumbuhan sebesar 7%,"imbuhnya.

Pada kesempatan itu Oka mengatakan, pertumbuhan bisnis properti di tahun ini akan melambat, dan akan mulai kembali menggeliat di 2016.

"Beberapa tahun terakhir Australia, Selandia Baru, Denmark stagnan pertumbuhan propertinya, sedangkan Indonesia tumbuh terus setiap tahunnya. Namun pada tahun ini properti di Australia, Selandia Baru, dan Denmark mulai naik. Sementara Indonesia mulai slow down. Tahun ini Indonesia akan slow down, namun pada tahun 2016 harga-harga akan naik kembali," ujar Oka.

Dengan harga properti yang akan melambat, maka Oka menyarankan bagi yang akan berinvestasi properti, untuk mencari properti dengan lokasi yang strategis dan menahannya hingga 5 tahun, agar mendapat lonjakan harga yang tinggi.

"Kalau ada yang mau invest properti pilih dengan tempat strategis dan di tahan selama 5 tahun. Karena sekarang tidak bisa lagi mendapatkan keuntungan cepat," tambahnya.

LJ Hooker Indonesia merupakan pemegang master franchise regional Indonesia atas merk LJ Hooker yang merupakan agen properti berasal dari Australia.

Sumber : Detik.com

No comments:

Post a Comment